Rabu, 28 Desember 2011

Ga Nyontek, Siapa Takut...???!!!


Saat saya membuat postingan ini, jujur, belum spenuhnya yg saya laksanakan, tapi keinginan saya agar kita bisa melaksanakannya bersama-sama,,

Pasti ada perasaan kecewa kita, saat mengetahui sekolah yang kita cinta masih dipenuhi oleh budaya yang marak terjadi. Dalam hal ini “Mencontek; Kerjasama,Melihat jawaban orang lain, dsb”. Dan yang lebih menyakitkan lagi para pelakunya sendiri adalah para pelajar yang notabene tahu tentang mencontek lebih jauh.

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda;

“Sesungguhnya Allah itu Maha baik, dan tidak menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin sebagaimana Dia memerintahkan kepada para Rasul".

Allah SWT berfirman, “Hai para Rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan lakukanlah pekerjaan yang baik."(QS. Almukminun:51)

Allah SWT jga berfirman,’Hai orang-orang yang beriman, makanlah apa-apa yang baik dari yang telah kami rezekikan kepadamu "(QS. Al-Baqarah:172)

Rasulullah bercerita tentang seorang laki-laki yang menempuh perjalanan jauh, hingga rambutnya kusut dan kotor. Ia menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdo’a,’Ya Rabb, Ya Rabb,’ Sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan perutnya kenyang dengan barang haram, maka bagaimana mungkin do’anya akan dikabulkan” (HR.Muslim)

Mungkin, belum kita sadari sepenuhnya, akibat dari perbuatan tersebut akan berujung panjang. Dan belum pernah kita renungi ayat Allah yang menjelaskan bahwa yang menurut kita itu baik, tapi belum tentu baik menurut Allah. Dan yang buruk menurut kita adalah hal yang terbaik bagi Allah untuk kita. (Al-Baqarah:126) Pikirkanlah, hasil dri nilai tersebut yang menurut kita tinggi, itu hanya penilaian dari manusia, penilaian dari Allah jauh lebih baik ketimbang pnilaian manusia.

Umpamanya saat kita melakukan perbuatan tersbut (halal??) lalu kita mendapatkan nilai tinggi (penilaian manusia) selanjutnya kita masuk kuliah (halal???)berikutnya kita kerja (dari nilai halal???)bagaimana nafkah yang akan kita berikan pada keluarga(halal????)

Bayangkanlah......

Dari satu tindakan, tindakan yang lain akan tercemar dan menghabiskan banyak waktu dalam hidup kita, bahkan bisa berlanjut kepada keturunan kita. So???

Masih berani nyontek???

Ada sedikit tips, buat percaya sama diri sendiri dan yakin kita bisa lebih baik dari orang yang nyontek:

1. Yakin kalau Allah itu ada. Allah selalu di pihak yang benar. Allah bakal bantu kita untuk melakukan perbuatan baik.

2. Niat. Sebagai muslim yang baik, setiap perbuatannya niatkan karena Allah, untuk agama. Bersitkan cita-cita kita untuk menjadi salah seorang yang menjayakan islam (apa kita mau selamanya dijajah sama orang NasR**i????). Selain itu ingat orang tua kita yang sudah sekuat tenaga biayain kita, nafkahin kita supaya anaknya bisa berhasil.

3. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang sifatnya melenakan. ex: nonton berjam-jam, OL lama2, dengerin musik yang gak ada manfaatnya, dll

4. Pasang target tertinggi kita di sekolah, dunia, dan akhirat. ex: di sekolah: juara kelas dan aktif organisasi, di dunia: jadi seorang dokter, hafal qur’an, orang kaya yang rajin berderma, di akhirat: masuk syurga lewat pintu puasa misalnya,

5. Realisasikan target'2 kita. Kalau mau jadi juara kelas tiap hari min. blajar 2 jam, mski besoknya gak belajar di sekolah, kalau mau jadi seorang yang hafiz qur’an: tiap hari setidaknya hafalin 2 ayat, kalau mau msuk syurga lewat pintu puasa: Rajin puasa Sunnah. Bila perlu catat di note kecil kita, tempel di kamar, atau diingat2 trus,

6. Jangan pernah melupakan Allah, banyakin ibadah (rasakan bedanya saat kita dekat sma Allah dan saat kita sedang malas ibadah), seperti lail, duha, shaum, al-ma’tsurat, dsb

7. Sering berdo’a di  waktu-waktu yg dimakbulkan u/ berdo’a ; rakaat terakhir dalam shalat, antara azan dan iqamat, saat 1/3 mlam terakhir, dll

8. Kalau semuanya sudah dlakukan, sekarang tinggal tawakkal kepada Allah, optimis Allah beri yang terbaik untuk kta...

Intinya, kalau di dunia kita pengen berhasil, harus jaga diseimbangin oleh amalan2 kita. Karena sesungguhnya kekuatan orang beriman itu ada di sana. Dan ingat di dunia, tempat sementara, tujuan kita yang utama itu untuk ke akhirat.



sumber: http://pengagum-mimpi.blogspot.com/2010/08/ga-nyontek-siapa-takut.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar